the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

September 21, 2020

Sumber ketenangan


Bacaan: Yakobus 1:1-8

"Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya." (Yakobus 1:8)

Shalom,

Latar belakang dari ayat ini adalah supaya orang yang kurang hikmat meminta hikmat dengan hati yang tidak bimbang kepada Tuhan (Yakobus 1:5-7).

Hidup manusia dimaksudkan untuk mencapai hal yang terbaik dalam hidup ini dan yang terbaik adalah melakukan dan mencapai hasil dalam segala daya upaya yang dilakukan dalam bingkai sesuai dengan "yang berkenan".

Sering demi hasil orang plin plan dalam mengambil keputusan dan melakukan tindakan. Hal ini terjadi karena tidak ada dasar berpijak yang jelas dan tujuan yang pasti dalam segala perkara selain dari pada hasil itu sendiri. Lebih menyedihkan lagi bahwa sering orang tidak peduli pada bingkai "yang berkenan" itu asal hasilnya memuaskan menurut ukurannya sendiri. 

Orang seperti ini tidak tenang sebab ketika gagal ia akan dihantui oleh hidupnya yang tidak berkenan; bila berhasil ia akan jatuh ke dalam ketidakpuasan akan apa yang diperolehnya, sebab hasil yang dicapai manusia itu selalu kurang - tidak pernah cukup.

Orang yang melakukan segalanya dalam cara yang berkenan, mungkin tidak berhasil mencapai tujuan tetapi ia sudah dipuaskan dan dihiburkan oleh keyakinan bahwa ia telah melakukan yang terbaik dan itu tidak sia-sia (bnd. 1 Korintus 15:58).

Tentu saja akan ada sukacita yang sesungguhnya jika usaha yang dilakukan dalam cara yang berkenan itu berhasil.

Orang yang hidupnya mendua antara Tuhan dan hasil akan selalu gelisah dan putus asa sedangkan orang yang hidupnya dijaganya selalu berkenan akan puas dan penuh sukacita - hidup yang tenang.

"Segenggam ketenangan lebih baik dari pada dua genggam jerih payah dan usaha menjaring angin." (Pengkhotbah 4:6)

Selamat beraktivitas, Tuhan Yesus melindungi dan menjaga kita sekalian IMANUEL...amin.




0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA