the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

May 08, 2020

Milikilah Hikmat dan Pengetahuan


Baca: 1 Raja-Raja 3:5-15
"Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas." (Amsal 3:13-14)

Shalom,

Dunia di mana kita hidup sekarang ini mengalami perubahan yang begitu cepat dalam segala aspeknya. Dampak dari perubahan tersebut tentu saja mendatangkan tantangan dan masalah yang baru pula. Ide dan cara yang lama di masa lalu belum tentu bisa digunakan di masa sekarang. Manusia perlu mengembangkan pengetahuan serta keahlian yang baru untuk menyelesaikan tantangan di masa sekarang. Orang percaya pun ditantang oleh perubahan dunia sekarang ini. Kita dituntut bukan hanya sekedar cerdas intelektual namun juga perlu cerdas secara spiritual.

Di dalam Alkitab, Salomo disebut sebagai seorang raja yang penuh hikmat dan kebijaksanaan melebihi semua orang yang pernah hidup (ayat 12). Di bawah kepemimpinannya Israel meraih puncak kejayaannya. Bangsa Israel memiliki luas wilayah paling besar selama sejarah di dalam masa pemerintahan raja Salomo, dan pada masa itu kerajaan Israel juga memiliki sistem tata negara yang paling baik. Salomo membuat bangsa Israel berlimpah dengan persediaan pangan, rakyat menikmati kesejahteraan. Di bidang militer, Israel juga menjadi yang paling kuat dan tidak tertandingi, meski pada masa itu Israel tidak pernah berperang dengan bangsa lain (1 Raja-raja 4:21-34).

Fakta-fakta ini membuktikan betapa penting hikmat dan kecerdasan dalam kehidupan seseorang. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, hikmat dan pengetahuan juga memberi pengaruh yang signifikan pada lingkungan di mana mereka berada. Banyak orang berlomba-lomba untuk mencari berkat, kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Namun mereka lupa bahwa segala berkat, kesuksesan dan kebahagiaan adalah akibat dari memiliki hikmat dan pengetahuan. Sebagai orang percaya kepada Kristus kita patut bersyukur, karena kita telah diberitahukan jalan utama menuju hikmat dan pengetahuan itu. Firman Tuhan berkata,
"Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian." (Amsal 9:10). 
Artinya, jika kita ingin memperoleh hikmat dan pengetahuan, kita harus memulainya dengan hidup takut akan Tuhan. Kejarlah hikmat dan kejarlah itu di dalam sikap hati yang benar, yaitu hati yang takut akan Tuhan.
"Rahmat-Mu berlimpah, ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan hukum-hukum-Mu." (Mazmur 119:156).
Hikmat hari ini
Kebijaksanaan adalah kekuatan untuk menempatkan waktu dan pengetahuan kita untuk penggunaan yang tepat.
"Kebijaksanaan akan memelihara engkau, kepandaian akan menjaga engkau." (Amsal 2:11).
Setiap firman Tuhan yang kita aminkan, maka firman Tuhan itu akan hidup dalam kehidupan kita secara nyata. Terpujilah Tuhan Yesus.

Selamat beraktivitas dalam anugerah Tuhan Stay at home. Sejahtera dan sukacita sorgawi beserta kita sepanjang hari ini. IMANUEL...amin




0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA