the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

January 05, 2018

Allah Mahatahu


Bacaan Alkitab: Mazmur 139:1-6

TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; Mazmur 139:1


Daud membuka Mazmur ini dengan sebuah pernyataan yang menggetarkan, "Tuhan, Engkau menyelidiki dan mengenal aku;" Kata mengenal yang dipakai di sini menggambarkan suatu pengenalan yang paling dalam. Manusia kadang bisa terkecoh dengan penampilan luar karena tidak ada yang mengetahui isi hati seseorang. Namun Allah yang Mahatahu mengetahui secara luar dalam.

Pemazmur katakan, "Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri… Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring." (ay. 2-3). Kemahatahuan Allah menjangkau gerak-gerik manusia di mana pun dan kapan pun. Bukan hanya gerak-gerik perilaku manusia saja yang bisa Allah ketahui, Dia juga mengetahui bagian dalamnya manusia, yaitu hati dan pikiran. "Engkau mengerti pikiranku dari jauh… sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN." (ay. 2b, 4). Hal tersulit adalah mengetahui apa yang ada di dalam hati, tetapi Allah dapat menjangkaunya, begitu transparan, bahkan apa yang akan terjadi Dia sudah tahu.

Dari mana Daud bisa mengetahui kalau Allah itu Mahatahu? Pasti dari pengalaman hidupnya. Pertama, pengalaman perjalanan hidupnya dari waktu ke waktu yang tidak selalu mulus. Namun dalam semua hal yang terjadi selalu ada kesamaannya, ada langkah iman. Daud mengimani Allah tahu segala pergumulannya dan Allah pasti memberinya kekuatan yang tergambar dalam kitab-kitab Mazmur-nya. Kedua, pengalaman kejatuhannya. Kisahnya dengan Batsyeba adalah aibnya yang diketahui semua orang, sekalipun pada awalnya tidak ada yang mengetahuinya. Daud menyimpan dosa itu rapat-rapat tetapi Allah tahu semuanya dengan jelas dan dibongkar habis melalui nabi-Nya.

Kemahatahuan Allah harusnya menimbulkan dua efek. Pertama adalah kegentaran, karena tidak ada satu hal pun yang dapat kita sembunyikan di hadapan Allah. Mungkin kita bisa mengelabui manusia, tetapi tidak dengan Allah. Kedua adalah ketenangan. Saat seseorang berada di dalam kesulitan yang hebat, banyak yang mempertanyakan Allah. Namun ada satu ketenangan kalau kita tahu Allah kita Mahatahu. Sekalipun kita kadang kala tidak tahu harus berbuat apa, tetapi Allah pasti tahu masalah kita dan Dia tahu yang terbaik untuk kita. Mari kita sungguh menyadari Kemahatahuan Allah sehingga kita gentar ketika akan melakukan dosa dan tenang karena Dia akan menolong indah pada waktunya.
(renunganhariankristen)

KEBERADAAN ALLAH YANG KEKAL DAN TIDAK TERBATAS, MEMAMPUKAN-NYA MENGETAHUI SEGALA SESUATU.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA