the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

January 04, 2018

Melangkah Pasti Bersama Tuhan



Bacaan Alkitab: Mazmur 46:1-12

Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi! TUHAN semesta alam menyertai kita, kota benteng kita ialah Allah Yakub. Mazmur 46:11-12


Ketika memasuki tahun 2016 yang lalu, banyak orang mengalami ketakutan dan kecemasan karena dicekoki dengan banyak isu menakutkan. Salah satunya mengenai isu kemiskinan. Negara kita sebetulnya kaya akan sumber alam, tetapi masih banyak rakyat yang hidup miskin dan melarat. Sementara yang kaya makin kaya, yang miskin justru semakin miskin. Selain itu, isu keamanan yang semakin tidak kondusif karena carut marutnya penegakan hukum di internal bangsa sendiri, juga menjadi bahan pergunjingan. Hukum bisa dibeli dan dikalahkan oleh politik uang.

Pertanyaan yang patut kita renungkan: bagaimana kita bisa melangkah dengan pasti di tengah-tengah ketidakpastian hidup di dunia ini?

(1) Ketahuilah bahwa Allah sumber perlindungan dan kekuatan. Pemazmur memakai kata-kata positif untuk membangun iman kita. Allah itu tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong (ay. 2). Bahkan menyebut-Nya sebagai "kota benteng" (ay. 4, 12). Bukan kekayaan, kekuasaan, atau kedudukan yang menjadi sumber perlindungan dan kekuatan sang pemazmur, melainkan hanyalah Tuhan. Itu karena Dia berjanji, "Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!" (Yer. 17:7).

(2) Percaya Allah akan menolong orang yang berharap kepada-Nya. Ayat 3 mengatakan, "Sebab itu, kita tidak akan takut." Biasanya, orang tidak takut jika situasi dan kondisi aman-aman saja, ekonomi dan keluarga baik-baik saja. Ketika situasi sebaliknya terjadi maka orang kehilangan keberanian untuk hidup. Di ayat 3-4, pemazmur melukiskan kondisi yang tidak baik, "Bumi berubah; gunung goncang; sekalipun air ribut" namun umat percaya tetap tidak takut. Mengapa? Karena percaya Tuhan semesta alam menyertai kita selama-lamanya (ay. 8, 12).

Banyak orang berpikir, jika Tuhan menyertai maka hidup ini pasti lancar, mulus, tanpa kesulitan, tantangan, dan penderitaan. Itu pikiran yang salah. Penyertaan Tuhan tidak berarti hidup tanpa pencobaan, kesulitan, dan ujian iman. Namun justru sebaliknya, di mana Tuhan mengizinkannya terjadi, di situ Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi umat-Nya (Rm. 8:28). Yakinlah bahwa Tuhan Allah yang kita andalkan mampu menjadi kota perlindungan dan sumber kekuatan. Percayalah selalu kepada penyertaan Tuhan Yesus di dalam setiap pencobaan dan kesulitan hidup yang kita hadapi.
(renunganhariankristen)

YESUS ADALAH KOTA BENTENG PERLINDUNGAN TERAMAN DALAM MENGHADAPI BADAI KEHIDUPAN.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam kebenaran dan keadilan Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA