the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

February 08, 2018

Keprihatinan Ilahi


Bacaan Alkitab: Nehemia 1:1-11

Aku menanyakan mereka tentang orang-orang Yahudi yang terluput, yang terhindar dari penawanan dan tentang Yerusalem. Nehemia 1:2b


Shalom, sahabat dan kekasih Tuhan.

Tidak banyak yang kita ketahui tentang asal-usul Nehemia. Ketika namanya pertama kali disebut dalam kitab ini, kita hanya tahu bahwa ayahnya bernama Hakhalya dan ia bekerja di Puri Susan, Kerajaan Persia. Satu hal yang mendominasi perikop ini adalah kepedulian Nehemia atas bangsanya. Ia dengan serius berusaha mengetahui dengan pasti dan akurat tentang keadaan orang-orang Yahudi, yaitu mereka yang terhindar dari penawanan, dan tentang Yerusalem. Jelas sekali, Nehemia tidak cuek sekalipun ia sedang berada dalam lokasi dan posisi sangat nyaman sebagai juru minum raja di istana.

Setelah mendengar dari Hanani bagaimana mereka yang tertinggal di Yerusalem dalam keadaan yang amat sukar, bahkan Yerusalem sendiri telah porak-poranda (ay. 3), Nehemia menangis, berkabung, berdoa, dan berpuasa selama empat hari! (ay. 4) Ini adalah apa yang kita sebut sebagai keprihatinan ilahi. Sebagaimana Allah Bapa mengutus Tuhan Yesus ke dalam dunia untuk menyelamatkannya, Nehemia menunjukkan kepedulian serius akan kesejahteraan Israel yang berada di ambang kehancuran. Demikianlah hati serupa sepatutnya kita miliki sebagai murid Tuhan yang tinggal di dunia hari ini.

Penting bagi kita untuk selalu tahu apa yang terjadi dalam dunia kita hari ini. Masalahnya adalah hiruk pikuk dunia hari ini tidak menolong kita untuk cukup peduli dengan apa yang terjadi. Kita menjadi terbiasa dengan berita buruk, sakit penyakit, krisis dunia, revolusi seksual, dan kejahatan. Selama tidak berkaitan langsung, kita menganggapnya sebagai angin lalu. Tidak heran jika kemudian dunia bergerak dan berubah semakin jauh dari kebenaran Tuhan.

Selalu ada yang dapat kita lakukan untuk mengubah keadaan. Mengubah dunia. Seperti Nehemia, kita bisa mulai dengan doa (dan berpuasa) untuk membawa segala sesuatu kepada Tuhan. Air mata yang Nehemia curahkan bersama dengan doa dan puasanya menunjukkan sebuah kualitas hati yang peduli dengan sungguh.

Kapan terakhir kali kita berdoa dengan air mata untuk dunia di sekitar kita? Untuk kota kita? Atau minimal untuk lingkungan tetangga kita? Ayo, secara khusus sisihkan waktu untuk mendoakan dunia di sekitar kita sebagai salah satu wujud kepedulian kita terhadap lingkungan.
(renunganhariankristen)

DOA DAN PUASA BISA MERUPAKAN AWAL BAGI KITA UNTUK MELAKUKAN SESUATU BAGI BANGSA DAN NEGARA.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam kebenaran dan kekudusan Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA