the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

February 07, 2018

Tidak Memandang Muka


Bacaan Alkitab: Yakobus 2:1-13

Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran. Yakobus 2:9


Shalom selamat pagi, sahabat dan kekasih Yesus Kristus,

Tak bisa dipungkiri, kecenderungan manusia adalah memandang status. Status menentukan pandangan seseorang terhadap yang lain. Jika status seseorang kaya, maka ia cenderung dihormati oleh orang lain terlepas dari perbuatannya apakah baik atau buruk. Sebaliknya terjadi dengan orang yang tidak mampu. Walaupun ia orang baik, tetapi karena statusnya orang miskin umumnya tidak terlalu dipandang orang. Karena itu, jika seorang kaya berbuat salah cenderung dibela dan dibenarkan. Namun jika seorang miskin, walaupun benar disalahkan. Ternyata kecenderungan ini juga dapat terjadi di gereja. Memandang status telah menjadikan gereja tidak bersikap adil dan bijaksana.

Di dalam suratnya, Yakobus menegur para pemimpin gereja yang lebih menghargai mereka yang kaya daripada yang miskin. Tidaklah salah orang kaya masuk gereja, tetapi sikap membeda-bedakan itulah yang salah. Mengapa sikap ini salah? Pertama, memandang status dapat mengaburkan kebenaran. Jika orang kaya salah, maka pemimpin gereja takut untuk menegur dan cenderung membela. Takut kalau ditegur, mereka akan marah dan pindah gereja. ‘Kan yang rugi gereja sendiri. Lebih kasihan lagi yang kaya, mereka akhirnya tidak mengerti bahwa apa yang mereka lakukan adalah salah dan harus koreksi diri di hadapan Tuhan.

Kedua, tidak mencerminkan Kristus. Ketika gereja tidak lagi memiliki hati yang berbelas kasihan terhadap orang miskin, maka gereja sudah kehilangan identitasnya sebagai murid Kristus. Hati Kristus penuh belas kasihan ketika Dia melayani orang-orang yang miskin, lapar, sakit, dan menderita. Jika kita membutakan diri dan hati kita terhadap orang miskin, maka kita sudah berdosa. Karena itu, gereja harus memandang sama baik orang kaya maupun orang miskin. Di hadapan Tuhan, mereka adalah orang-orang berdosa yang membutuhkan belas kasihan Kristus.

Bagaimanakah dengan sikap kita dalam hal ini? Apakah kita masih memandang seseorang berdasarkan apa yang ia punya (harta), ia raih (prestasi) dan ia duduki (jabatan)? Apakah kita mau dinilai orang berdasarkan hal-hal tersebut? Karena itu, janganlah kita memandang muka!
(renunganhariankristen)

HARGAI ORANG LAIN SEPERTI KRISTUS MENGHARGAI MANUSIA.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA