the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

April 20, 2020

Kesembuhan 1 - I. Apakah Allah mau engkau disembuhkan?



KESEMBUHAN
By : BP

I. Apakah Allah mau engkau disembuhkan?
II. Firman “Kesembuhan”
III. Prinsip Pujian
IV. Mempersiapkan diri untuk menerima mujizat
V. Dari manakah datangnya penyakit?
VI. Mengapa doa kita tidak dijawab?
_______________________________

I. Apakah Allah mau engkau disembuhkan?

Kami banyak menerima permohonan doa yang telah dijawab dan doa yang dijawab dan kami sungguh bersuka cita dengan orang-orang yang sembuh oleh bilur-bilur Yesus “ Ini sungguh indah bahwa aku yang sakit dan sungguh heran bahwa Yesus sangat peduli untuk menyembuhkanku”. Apakah kesembuhan dari Tuhan akan menyertai selama hidupku?

Sebuah pertanyaan yang bagus, saya ingin menjawabnya dengan Firman Tuhan.

1. Iman sangat menentukan
2. Firman Allah : Pernyataan akan kehendak Allah
3. Berserah kepada Roh Allah yang Kudus
4. Pernyataan Firman Allah yang jelas
5. Kitab Mazmur
6. Yesus
7. Kuasa kesembuhan Yesus tidak diperuntukkan kepada diri sendiri
8. Kesediaan Yesus untuk menyembuhkan
9. Kata “Bersedia”
10. Penyakit di Surga


1. Iman sangat menentukan

Dalam setiap langkah kita, kita memerlukan Iman. Kalau aku tidak punya iman bahwa kursi ini mampu menahan aku duduk, aku tidak akan duduk di kursi itu, karena konsekwensinya aku bisa terjengkang dan jatuh, maka aku akan memilih berdiri saja kalau tidak ada kursi lain. Hal ini sama dengan kebenaran bahwa, jika kita tidak mempunyai iman kepada Allah, Allah tidak bisa memberkati kita.

Yakobus 1 :6-8
1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.
1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.
1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.
Ibrani 11:6
Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.
Apakah Allah ingin menyembuhkan aku? “Kalau demikian, aku mau menaruh iman kepadaNya”. Kebenarannya adalah bahwa kita tidak bisa punya iman dalam mendapatkan sesuatu dari Tuhan kalau kalau kita tidak mengetahui itu kehendakNya. Apakah kesembuhan dari Allah akan bisa kita terima?


2. Firman Allah : Pernyataan akan kehendak Allah

Untuk mengetahui kehendak Allah, kita harus mempelajari Alkitab dimana didalamnya, karakter Allah bisa diungkapkan didalam suatu kebenaran. Kebenaran Allah dapat ditemukan.

Roma 10:17
Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Iman itu perlu ditumbuhkan dalam Firman Tuhan. Kita tidak bisa tergantung kepada orang lain, kita tidak bisa tergantung kepada pendeta kita, kita tidak bisa tergantung kepada Gereja. Kita hanya bisa bergantung kepada Firman yang bisa mengungkapkan suatu kebenaran.

Firman Tuhan menjamin, seperti dalam Bilangan 23:19
“Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?”

Tuhan tidak akan berbohong, ini adalah satu-satunya hal yang Tuhan tidak bisa lakukan, karena berbohong bukanlah sifat Tuhan.

Raja Salomo mengatakan bahwa 1 Raja-raja 8:56
"Terpujilah TUHAN yang memberikan tempat perhentian kepada umat-Nya Israel tepat seperti yang difirmankan-Nya; dari segala yang baik, yang telah dijanjikan-Nya dengan perantaraan Musa, hamba-Nya, tidak ada satupun yang tidak dipenuhi.

Kita bisa mempercayai Firman Allah, ini adalah satu-satunya sumber yang tidak dapat berbohong kepada kita. Mazmur 119:89
Untuk selama-lamanya, ya TUHAN, firman-Mu tetap teguh di sorga.


3. Berserah kepada Roh Allah yang Kudus

Kita bisa bertanya secara jelas tentang apapun kepada Allah, ini sudah dijanjikan Allah melalui FirmanNya. Kalau ada sesuatu yang tidak pernah tertulis didalam Alkitab, kita harus berserah kepada RohNya yang Kudus. Yohanes 16:13
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
Roh Kudus tidak akan bertolak belakang dengan apapun yang difirmankanNya.

Berserah kepada Tuhan akan membawa kita kepada Berkat. Amsal 3:5-6
3:5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.
3:6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu

4. Pernyataan Firman Allah yang jelas

Ada beberapa pernyataan yang tertulis jelas didalam Alkitab :
a. Kita tidak perlu tahu kehendak Allah terhadap keselamatan seseorang : 1 Timotius 2:3-4
Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

b. Kita tidak perlu mengetahui kehendak Allah tentang babtisan air, Kisah 2:38
Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

c. Kita tidak perlu tahu Kehendak Allah mengenai babtisan Roh Kudus. Kisah 2:38-39
Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."

d. Kita tidak perlu tahu kehendak Allah kapan kita harus berdoa. 1 Thesalonika 5:17
“Tetaplah berdoa”

e. Kita tidak perlu tahu kehendak Allah, apakah kita perlu belajar Firman Allah. 2 Timotius 2:15
Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.

f. Kita tidak perlu tahu kehendak Allah kapan kita harus hidup dalam moralitas orang percaya. 1 Tesalonika 5:22
Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan
Tetapi apakah Allah menghendaki Kesembuhan?

5. Kitab Mazmur

Dalam Kitab Mazmur kita dapat mengetahui bahwa Tuhan peduli dengan sakit-penyakit.

Mazmur 103: 2-3
Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,

“Penyakit” dalam bahasa Ibrani adalah “tachaluw” artinya sakit di badan, penyakit.


6. Yesus

Apa yang menakjubkan dalam diri Yesus dalam pelayanannya di dunia, adalah bahwa Dia tidak pernah menolak menyembuhkan siapapun. Yesus tidak pernah berpaling dan mengatakan bahwa Allah tidak menghendaki untuk menyembuhkan seseorang. Yesus tidak juga mengatakan terhadap orang yang sakit bahwa dia memang seharusnya sakit, maka dengan itu dia bisa mengalami kebenaran spiritual. Yesus tidak pernah mengatakan kepada orang yang sakit bahwa dia akan disembuhkan kalau dia ada di Surga, tidak pernah sekalipun!

Kesembuhan adalah suatu prioritas dalam pelayanan Yesus. Yesus mengabarkan keselamatan yang disertai dengan pelayanan kesembuhan. Saat ini banyak pendeta-pendeta yang tidak setuju kepada Pelayanan Kesembuhan Yesus, bahwa Yesus tetap ada dalam pelayanan kesembuhan pada orang-orang sakit yang dibawa kepadaNya. Bahwa Yesus tidak pernah istirahat dalam pelayanan kesembuhan.

Matius 12:13-15
12:13 Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain.
12:14 Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia.
12:15 Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. (12-15b) Banyak orang mengikuti Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya.

Matius 14: 35-36
14:35 Ketika Yesus dikenal oleh orang-orang di tempat itu, mereka memberitahukannya ke seluruh daerah itu. Maka semua orang yang sakit dibawa
kepada-Nya.
14:36 Mereka memohon supaya diperkenankan menjamah jumbai jubah-Nya. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.

Yesus selalu bersedia menyembuhkan, Lukas 4:40
Ketika matahari terbenam, semua orang membawa kepada-Nya orang-orang sakitnya, yang menderita bermacam-macam penyakit. Iapun meletakkan tangan-Nya atas mereka masing-masing dan menyembuhkan mereka.

Kita mengetahui bahwa Injil menuliskan banyak bahwa Yesus sangat peduli untuk menyembuhkan, Yesus menyembuhkan orang-orang yang sakit.

Lukas 6:19
Dan semua orang banyak itu berusaha menjamah Dia, karena ada kuasa yang keluar dari pada-Nya dan semua orang itu disembuhkan-Nya.

Kisah 10:38
yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.

Matius 4:23
Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.


7. Kuasa kesembuhan Yesus tidak diperuntukkan kepada diri sendiri

Dengan jelas bahwa Yesus memberikan otoritas kepada murid-muridnya untuk menyembuhkan orang lain :

Matius 10:1
Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.

Kuasa kesembuhan ini tidak juga hanya diperuntukkan kepada murid-murid Yesus saja :

Lukas 10: 1-2,9
10:1 Kemudian dari pada itu Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya.
10:2 Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.
10:9 dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.
Kuasa kesembuhan ini dibelikan kepada semua orang-orang percaya,

Markus 16:17-18
16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
16:18 mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Setelah Yesus bangkit dan kembali ke Surga, murid-murid Yesus melanjutkan pelayanan kesembuhan :

Kisah 5:15-16
5:15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka.
5:16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.

Yesus mengajarkan kepada kita secara jelas, bahwa pelayanan kesembuhan harus diteruskan!


8. Kesediaan Yesus untuk menyembuhkan

Banyak ayat-ayat dalam Firman Tuhan yang mengungkapkan Jelas bahwa Yesus bersedia menyembuhkan orang sakit. Di dalam Alkitab hanya ada satu orang kusta yang bertanya tentang kesediaan Yesus untuk menyembuhkan.

Matius 8:2-4
8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
8:4 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka."

Apakah Yesus bersedia menyembuhkan engkau?
“Aku bersedia”,
titik.


9. Kata “Bersedia”

Penggunaan kata “bersedia” dalam kesembuhan adalah memberikan bukti bahwa Allah memang mau menyembuhkan. Kita lihat lagi dalam konteks keselamatan seperti juga dalam konteks kesembuhan.

Kisah 2: 21
Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.

Markus 16:18
mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Yakobus 5:14-16
5:14 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.
5:15 Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.
5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Apakah anda perlu bukti lagi? Allah bersedia menyembuhkan kita. Yesus mati di Kalvari supaya kita dapat berjalan dengan sempurna, dan mengalami kesehatan yang ajaib.

1 Petrus 2:24
Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

10. Penyakit di Surga

Perhatikan berapa banyak penyakit akan ada di Surga :

Wahyu 21:3-4
21:3 Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah
, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.
21:4 Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."

Apabila anda sangat sengsara saat ini, pandanglah Sang Juru Selamat. Dia mau supaya engkau sembuh. Dia menjamin kesembuhanmu yang total di Surga. Percaya saja kepada Yesus, bahwa Dia bisa menyembuhkan engkau saat ini.


Baca Selanjutnya:
Kesembuhan 1 - II. Firman “Kesembuhan”





0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA