the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

June 15, 2020

Bertahan Dalam Pencobaan


Baca: Yakobus 1:2-6
"Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia." (Yakobus 1:12)

Shalom,

Untuk bisa bertahan dalam pencobaan dibutuhkan kesabaran penuh dan ketabahan hati dalam masa pencobaan, dalam bahasa aslinya bahasa Yunani  di sebut hupomone. Kata hupomone secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai “kemampuan untuk bertahan pada suatu posisi melampaui batasan waktu yang diharapkan.” Bukan sekedar “bertahan”, tapi lebih dari itu di dalam ketahanan tersebut terkandung ketabahan dan ketekunan. Hupomone menggambarkan sebuah ketenangan di tengah situasi yang kacau balau dan juga kemampuan memikul beban hingga titik atau tujuan tertentu. Hupomone adalah sebuah sikap yang tabah dalam menjalani penderitaan dan berusaha mengubah hal yang sedang terjadi, yaitu penderitaan tersebut, menjadi hal yang mulia dan luhur.

Dari pemahaman ini, setidaknya kita bisa belajar beberapa hal dalam menghadapi pencobaan. Saat kita dalam posisi bertahan, ada ketabahan dan ketekunan yang bukan hanya dipandang sebagai sebuah kebajikan yang patut diperjuangkan oleh orang Kristen, melainkan juga merupakan respon iman terhadap ketabahan Kristus sendiri.

Dalam 2 Tesalonika 3:5, Rasul Paulus berdoa, “Kiranya Tuhan tetap menujukan hatimu kepada kasih Allah dan kepada ketabahan Kristus.” Rasul Paulus mengajarkan kepada jemaat di Tesalonika untuk meneladani ketabahan Kristus yang disebut hupomone. Kita dapat hidup dalam ketabahan dan ketekunan karena Kristus sendiri yang menjadi model dan modal perjuangan kita. Sebagai model, ketabahan Kristus kita teladani, dan sebagai modal, Kristus sendiri yang memberikan ketabahan dan ketekunan kepada kita. Sebagai orang-orang yang menjalani panggilan sebagai murid Kristus atau anak-anak Tuhan, ada banyak pencobaan dan kesulitan hidup yang harus dihadapi, karena itu kita membutuhkan kualitas rohani yang tidak mudah dipadamkan oleh situasi apapun juga. Kualitas rohani itu bernama hupomone. Dengan hupomone kita akan dimampukan untuk bisa melewati setiap bentuk pencobaan dan menyelesaikan setiap tanggung jawab.

Yang Harus Dilakukan
Selalu bersikap tenang dalam menghadapi permasalahan, dan berusaha untuk menyelesaikannya di dalam ketabahan dan ketekunan untuk mengubah keadaan, dan percayalah bersama Yesus setiap masalah akan dapat teratasi dan di selesaikan.

Hikmat Hari Ini
Ketekunan dan iman rohani sangat penting bagi kehidupan kita sebagai orang Kristen.

Setiap firman Tuhan yang kita aminkan, maka firman Tuhan itu akan hidup dalam kehidupan kita secara nyata. Terpujilah Tuhan Yesus.
Selamat beraktifitas, kasih sayang Tuhan beserta kita hari ini, IMANUEL ...amin

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA