the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

June 02, 2020

Jangan Pernah Lupakan Kebaikan Tuhan


Baca: Keluaran 13:1-10
"Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya, mujizat-mujizat-Nya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkan-Nya." (Mazmur 105:5)

Shalom,

Di Israel ada sebuah permainan yang bernama dreidel. Dreidel adalah sebuah permainan gasing empat sisi yang dimainkan untuk mengenang mujizat yang Tuhan lakukan pada hari raya Hanukkah (Hari Raya Pentahbisan Bait Allah). Pada keempat sisi dreidel ada huruf-huruf Ibrani yang merupakan singkatan dari kalimat "Nes Gadol Haya Sham" yang artinya "mujizat besar terjadi di sana". Tradisi ini bermula dari kisah pemberontakan orang Yahudi kepada Kerajaan Seleukid yang menjajah mereka. Setelah Bait Allah diambil alih oleh tentara Yahudi, mereka hendak menyalakan pelita, namun minyak yang tersedia hanya bisa digunakan untuk satu hari. Untuk mendapatkan minyak baru, mereka harus ke Galilea. Jarak tempuh pulang-pergi Yerusalem dan Galilea pada masa itu adalah delapan hari. Mujizat Tuhan pun terjadi, minyak yang seharusnya hanya dapat bertahan satu hari, ternyata dapat bertahan hingga delapan hari.

Kebanyakan orang cenderung mudah mengingat setiap peristiwa yang menyentuh, berkesan dan berharga dalam hidupnya. Dalam renungan firman Tuhan ini kita diajak untuk mengingat kembali pertolongan Tuhan, dan jangan pernah melupakan kebaikan-Nya. Tujuannya supaya kita dapat menjadi pribadi yang selalu bersyukur. Selain itu, kita juga menyadari bahwa keberadaan kita setiap hari tidak lepas dari pertolongan serta kebaikan Tuhan semata. Ya kebaikan dan pertolongan Tuhan itu bisa berupa kesembuhan, pemulihan jiwa, diselamatkan dari bahaya, dan lain sebagainya, tentu kita sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus pasti banyak pengalaman memperoleh pertolongan-Nya. Di sisi lain, hal itu juga bermanfaat bagi orang lain ketika mereka mendengar kesaksian kita, mereka di kuatkan. Karena itu, marilah kita senantiasa mengingat setiap kebaikan dan pertolongan yang telah Tuhan lakukan untuk kita dan mengucap syukurlah dalam setiap keadaan.
"Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!" (Mazmur 103:2).
Refleksi Diri
1. Adakah pertolongan Tuhan di masa lalu yang telah mengubah hidup kita saat ini?
2. Seberapa sering kita mensyukuri pertolongan Tuhan dalam hidup kita?

Yang harus kita lakukan
Ingatlah selalu pertolongan Tuhan di dalam hidup kita. Tempatkanlah hal itu dalam daftar teratas kenangan-kenangan yang harus diingat agar kita selalu mensyukurinya.

Hikmat Hari Ini
Mengingat kembali kebaikan Tuhan di masa lampau akan membangkitkan kesadaran akan keterbatasan kita dan kuasa Tuhan yang tidak terbatas.

Selamat beraktivitas dalam anugerah Tuhan Sambil mematuhi protokol pemerintah jaga jarak, pakai masker, sering mencuci tangan, Stay at home dan yang paling terpenting berdoa selalu, IMANUEL.




0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA