the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

November 16, 2017

Kasih Tuhan Bagi Pelayan Tuhan


Bacaan Alkitab: 2 Raja-raja 4:1-7

Berkatalah perempuan itu: Hambamu ini tidak punya sesuatu apapun di rumah, kecuali sebuah buli-buli berisi minyak. 2 Raja-raja 2:4b

Berbeda dengan hamba Tuhan pada zaman sekarang, para nabi pada zaman dulu tidak mendapat tunjangan untuk biaya hidup dari umat. Seringkali mereka harus merangkap bekerja untuk mencari penghasilan. Dalam kisah ini, janda dari seorang nabi mengadu kepada Elisa tentang nasibnya. Rupanya semasa hidup, suaminya ini meminjam uang untuk membiayai hidup keluarganya dan mati meninggalkan utang. Penagih utang menuntut sang janda membayar sambil mengancam mengambil kedua anaknya untuk dijadikan budak jika ia gagal bayar.

Nabi Elisa tidak serta merta menolong janda ini. Ia menanyakan apa yang masih dipunyainya. Wanita ini mungkin merasa Elisa tidak memahaminya. Masakan kalau masih punya harta anaknya akan dijadikan budak? Namun, wanita ini tetap menjawab bahwa ia punya sebuah buli-buli berisi minyak. Harta yang tidak seberapa dan yang penghabisan. Dengan cara yang ajaib, wanita ini ditolong Tuhan.

Tidak punya apa pun kecuali buli-buli berisi minyak. Ini pernyataan yang menarik. Jadi sebenarnya wanita ini masih punya apa-apa namun ia tidak sadar sampai Elisa menanyakannya. Demikian pula cara Tuhan menolong kita. Sering kita merasa tidak punya apa-apa, tetapi ternyata masih ada sedikit apa-apa. Kadangkala Tuhan membuat keajaiban dari yang sedikit itu. Benar, wanita ini mengalami mukjizat tetapi ia juga menyediakan buli-bulinya dan meminjam dari tetangga buli-buli yang lain. Ia minta tolong kepada Tuhan tetapi tidak berdiam diri menunggu bantuan jatuh dari langit.

Mari kita perluas wawasan kita tentang pertolongan dari Tuhan. Tuhan bisa bekerja tanpa melibatkan siapa pun sama sekali. Tuhan juga bisa bekerja melibatkan orang lain atau ciptaan lain. Bahkan burung gagak pun (burung rakus) bisa dipakai Tuhan memelihara Elia. Di sisi lain, Tuhan juga bekerja melibatkan kita yang meminta tolong kepada-Nya. Semua itu sama-sama mendatangkan kebangunan iman bagi kita. Semua itu sama-sama menyatakan kebesaran dan kekuasaan Tuhan.
(renunganhariankristen)

ADA BANYAK CARA TUHAN MENOLONG KITA, JANGAN BATASI DIA.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam kebenaran dan kekudusan Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA