the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

November 26, 2017

Perlu Bukti?


Bacaan Alkitab: Yohanes 20:11-28

Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya. Yohanes 20:29b


Beberapa tokoh Alkitab kental dengan julukan tertentu yang mengikutinya, misalnya Abraham bapak orang beriman, Zakheus si pemungut cukai (meskipun sudah bertobat), Yudas si pengkhianat, begitu juga dengan Tomas, yang sering dijuluki orang sebagai Tomas si peragu.

Tomas seperti menganggap cerita teman-temannya bahwa Tuhan Yesus sudah bangkit, nggak masuk akal baginya. Padahal yang berkata bukan satu atau dua orang saja, tetapi seluruh murid yang lain. Responsnya malah memberikan syarat yang begitu detail supaya bisa percaya (ay. 25). Sebenarnya Tomas bukan hanya meragukan, tapi ia sudah kehilangan pengharapan ketika melihat bagaimana Tuhan Yesus melewati siksaan yang begitu kejam dan berakhir mengenaskan di atas kayu salib.

Ada seorang pendeta dalam khotbahnya mengatakan, Believing what we cannot see is hard (memercayai apa yang tidak kita lihat adalah sulit), itulah kira-kira yang kita lihat dalam diri Tomas. Dengan logika sederhana, kita bisa ajukan pertanyaan: Apakah ada kerugian bagi Tuhan Yesus kalau Dia tidak membuktikan diri-Nya bangkit kepada Tomas? Tidak ada. Dia tetap eksis sebagai Tuhan. Namun karena kasih-Nya kepada Tomas, Dia hadir kembali kepada Tomas, mengikuti skenarionya Tomas (ay. 26-27). Ketika Tuhan Yesus ada di hadapannya Tomas malah tidak melakukan apa yang diskenariokannya untuk percaya, ia hanya dapat berkata, Ya Tuhanku dan Allahku! (ay. 28).

Kadang kala ada orang Kristen yang memberi syarat-syarat dalam mengikut Tuhan Yesus. Misalnya, kalau saya dipulihkan saya akan melayani. Atau kalau saya diberi jodoh saya akan tambah setia sama Tuhan. Berarti kalau Tuhan tidak beri, tidak akan melayani dan tidak bertambah setia. Bisa dikatakan mereka menyatakan, Saya tidak akan percaya kalau Tuhan nggak kasih buktinya! Dalam kehidupan orang Kristen ada sebagian orang yang selalu minta bukti kepada Tuhan. Sebuah artikel menuliskan, Allah terlalu hebat untuk dibuktikan . Dia ada dan pasti ada, kalau Dia ada Dia pasti menyertai kita yang percaya kepada-Nya. Berbahagialah kita yang tidak melihat Tuhan Yesus tapi percaya, semua itu hanya karena anugerah yang diberikanNya.
(renunganhariankristen)

IMAN SEJATI MAMPU MERASAKAN KEHADIRAN DAN KUASA TUHAN YESUS MESKI TIDAK MELIHAT-NYA.

Selamat beribadah bersama Keluarga kepada Tuhan,
Tetaplah hidup dalam ketaatan dan kekudusan Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

 

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA