the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

November 30, 2017

Matahari Pun Berhenti (3)



Bacaan Alkitab: Yosua 10:1-14

Maka berhentilah matahari dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh. Yosua 10:13

Pelajaran ketiga yang bisa kita renungkan hari ini dari doa Yosua adalah permintaan Yosua agar matahari dan bulan berhenti bergerak. Apa maksud Yosua meminta hal itu? Rupanya dengan minta matahari dan bulan berhenti bergerak, Yosua berharap hari itu diperpanjang. Yosua memohon kesempatan bekerja untuk Tuhan diperpanjang, bukan untuk beristirahat. Ia minta terang diperpanjang karena kegelapan malam akan menolong musuh mudah mundur. Meskipun sudah berperang semalaman dan diri-nya serta pasukannya sangat lelah, ia tidak akan berhenti sebelum musuh-musuhnya benar-benar kalah. Sebenarnya Yosua bisa saja sekalian meminta Tuhan menghancurkan musuhnya dengan pukulan dari langit tetapi ia tidak meminta hal itu.

Seringkali ada kesalahpahaman orang Kristen tentang doa, seolah kalau kita berdoa, kita menyerahkan segala sesuatu sepenuhnya kepada Tuhan tanpa berbuat apa-apa lagi. Doa menjadi cara mengalihkan usaha dan tanggung jawab yang menjadi bagian kita kepada Allah. Ini pemikiran yang keliru.

Berdoa kepada Tuhan tidak mengurangi usaha dan kerja keras kita. Berdoa bukan berarti kita berdiam diri menantikan Tuhan menurunkan kuasa-Nya langsung dari langit. Doa tidak menggantikan jerih lelah kita. Tuhan mengabulkan doa Yosua dengan memperpanjang hari itu, dan pengabulan doa itu justru menjadikan Yosua lebih giat berperang.

Demikian pula dengan kita, permohonan dan pengabulan atas doa tidak menjadikan kita berdiam diri. Semakin sungguh-sungguh berdoa, semakin kita harus giat bekerja. Ketika doa dipanjatkan, kemudian Tuhan mendengarkan doa kita, janganlah hanya berleha-leha sambil berpikir, Nah, sekarang saatnya Tuhan yang ambil alih semua usaha saya. Tidak demikian. Justru seperti Yosua, kita meminta kepada Tuhan agar mengabulkan doa kita dengan maksud mendapat kesempatan lebih lama lagi bekerja untuk Tuhan. Jadi kalau hari ini kita meminta disembuhkan sakit, maksudnya adalah agar melalui kesembuhan itu kita lebih giat lagi melayani Tuhan Yesus. Kalau hari ini kita meminta diselamatkan dari badai masalah, maksudnya adalah agar kita bisa punya kesempatan memberi kesaksian bagaimana uluran tangan kasih Yesus Kristus bekerja menolong kita, kepada orang lain yang mengalami hal serupa.
(renunganhariankristen)

BERSYUKURLAH DAN MANFAATKAN KESEMPATAN PELAYANAN YANG TUHAN YESUS TELAH BERIKAN.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam kebenaran dan keadilan Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA