the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

November 29, 2017

Matahari Pun Berhenti (2)



Bacaan Alkitab: Yosua 10:1-14

Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. Yosua 10:14

Dari peristiwa Yosua berdoa meminta matahari dan bulan berhenti, kemarin kita sudah belajar tentang tujuan doa, yaitu memuliakan Tuhan. Hari ini kita bisa belajar dari kalimat: Belum pernah ada hari

seperti itu baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, Peristiwa itu hanya ter- jadi sekali. Yosua hanya sekali berdoa seperti itu dan Tuhan juga melakukan mukjizat seperti itu satu kali saja. Tidak pernah ada lagi kejadian demikian dalam sejarah manusia.

Pelajaran kedua yang kita bisa renungkan dari doa Yosua adalah ada doa yang tidak bisa diulang dan ada jawaban doa yang tidak bisa diulang. Cara kerja Tuhan bukan pola yang dapat dirumuskan manusia. Manusia tidak berhak menuntut Allah mengulang-ngulang jawaban doa atau mukjizat-Nya. Apa yang terjadi pada Yosua, tidak serta merta bisa terjadi pada kita. Tuhanlah yang memegang kedaulatan, dan doa siapa pun - bahkan orang yang kita anggap paling beriman atau saleh pun - tidak bisa mengatur, apalagi memaksa bagaimana Dia bekerja.

Kalau hari ini si A bersaksi ia diberkati begini-begitu, maka biarlah itu menjadi pengalamannya pribadi. Tuhan kita sama, tetapi berkatnya tidak sama. Berkat yang sama hanya satu: keselamatan. Cara Tuhan memperlakukan kita tidak sama untuk setiap orang. Untuk si A yang sakit kanker, Tuhan sembuhkan. Untuk si B yang juga sakit kanker, Tuhan tidak sembuhkan. Apakah Tuhan tidak Mahakuasa bagi si B? Tentu saja Tuhan Mahakuasa bagi A dan B, tetapi cara Dia bertindak terhadap diri A dan B berbeda. Kita tidak bisa tuntut keseragaman cara kerja Allah bagi setiap orang Kristen. Apakah itu berarti Tuhan adil? Tentu saja Dia adil karena adil bukan berarti semua dapat yang sama. Adil berarti Tuhan memberi kepada orang sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, bukan yang dikehendaki manusia.

Tuhan Yesus sungguh adil. Dia punya rencana indah untuk setiap doa pergumulan hidup yang kita panjatkan. Pahami kehendak-Nya. Mungkin rencananya tak terselami, tetapi yakinlah itu merupakan yang terbaik buat kita.
(renunganhariankristen)

BERKAT YANG DIBERIKAN KEPADA TIAP-TIAP ORANG BERBEDA. YESUS DENGAN ADIL MEMBERIKANNYA SESUAI KEHENDAK-NYA.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA