the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

November 28, 2017

Matahari Pun Berhenti (1)



Bacaan Alkitab: Yosua 10:1-14

Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN. Yosua 10:14

Doa dan iman Yosua sungguh luar biasa. Ia berani meminta matahari dan bulan berhenti. Hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya dan tidak akan pernah terjadi lagi. Apakah ia gila? Tidak. Orang kafir menyembah matahari dan bulan, menganggap kedua benda langit itu sebagai dewa. Namun, doa Yosua menyatakan Allah bisa mengendalikan matahari dan bulan. Benda langit yang didewakan pun tunduk. Dengan berdoa seperti itu, Yosua ingin menunjukkan kepada bangsa asing betapa berkuasanya Allah orang Israel.

Doa Yosua mengajari kita beberapa hal. Pelajaran pertama adalah perihal tujuan doa. Apa tujuan doa? Agar hidup kita diberkati? Agar kita sehat dan kaya? Agar kita panjang umur? Agar hati senang? Itu bukan tujuan doa. Itu isi doa. Tujuan doa seharusnya bukan hal-hal itu. Sehat, kaya, panjang umur, hati senang, dan sebagainya hanyalah sarana untuk sampai pada tujuan yang paling tinggi, yaitu agar Tuhan dimuliakan dan tujuan Tuhan digenapkan melalui hidup kita. Tujuan Tuhan di dalam doa Yosua adalah agar Tuhan dimuliakan melalui kemenangan Israel atas musuh-musuhnya dan bangsa-bangsa asing mengakui bahwa yang membuat Israel menang adalah TUHAN. Tuhanlah yang ditinggikan melalui kemenangan itu. Menang perang hanyalah menjadi sarana untuk memuliakan Tuhan.

Jadi kalau kita minta rezeki, kaya, sembuh, sehat, bahagia, itu bukan tujuan doa. Tujuannya adalah Tuhan Yesus dimuliakan melalui kesehatan, kesembuhan, kekayaan, kebahagiaan kita . Tujuannya adalah orang melihat bahwa Tuhan yang kita sembah itu LUAR BIASA. Orang lain ikut PUJI TUHAN! Bahkan ikut percaya Yesus. Jadi jangan puas kalau doa kita terkabul. Kita baru puas, kalau terkabulnya doa kita itu membuat Tuhan Yesus juga dimuliakan. Jangan sampai terjadi bahwa terkabulnya doa justru membuat kita tidak memuliakan Tuhan, malahan melupakan Tuhan seperti yang terjadi pada orang-orang yang meminta usaha maju, tetapi setelah diberkati Tuhan, malahan kehidupan rohaninya mengendur.
(renunganhariankristen)

TUJUAN DOA ADALAH MEMULIAKAN TUHAN YESUS, BUKAN MENYENANGKAN DIRI.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam kebenaran dan kekudusan Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA