the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

December 12, 2017

Berhala Modern

Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala. Kolose 3:5


Bacaan Alkitab: Kolose 3:5-11

Tuhan tidak menginginkan umat Allah menyembah sesuatu lebih dari-pada kepada diri-Nya. Ketika orang Israel hendak memasuki Tanah Perjanjian, yaitu Tanah Kanaan yang ditinggali oleh bangsa-bangsa penyembah berhala, Tuhan menegaskan, Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku (Kel. 20:3). Lebih lanjut Tuhan juga menyatakan bahwa jangan membuat patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit, di bumi, di dalam air dan sujud menyembah atau beribadah kepadanya (Kel. 20:4-5).

Di dalam jemaat Kolose, Paulus pun menegur keras orang-orang Kristen yang masih hidup dengan cara hidup lama. Mereka sudah menjadi orang percaya tetapi masih hidup secara duniawi. Hidup tidak mengutamakan Tuhan tetapi mengutamakan diri mereka sendiri. Paulus melihat segala sesuatu yang diutamakan lebih daripada Tuhan adalah penyembahan berhala; dalam kasus jemaat Kolose, mereka mengutamakan hal duniawi, yaitu percabulan, hawa nafsu, nafsu jahat, dan keserakahan.

Peringatan ini juga menjadi teguran bagi kita yang hidup pada masa kini.

Tanpa sadar kita juga sudah menjadi penyembah-penyembah berhala. Jika kita lebih banyak menghabiskan waktu, uang, dan energi kita demi sesuatu yang kita senangi lebih daripada Tuhan, maka sesuatu itu sudah menjadi berhala bagi kita. Sesuatu itu bisa berupa hobi, pekerjaan, gawai, keluarga atau bahkan tubuh kita sendiri. Inilah yang disebut berhala modern. Berhala modern hadir bukan dalam rupa patung yang kepadanya kita sujud menyembah, tetapi hadir dalam pikiran dan kehendak akan sesuatu yang menguasai diri kita.

Hendaklah kita saat ini mengoreksi diri, apakah yang sudah kita utamakan lebih daripada Tuhan Yesus? Apakah yang membuat kita bisa mengorbankan waktu ibadah dan saat teduh kita kepada Yesus? Kegiatan apa yang kita lebih utamakan daripada membaca Alkitab? Untuk apakah kita berani menghabiskan uang kita? Jika ada sesuatu yang mengalihkan fokus utama kita kepada Tuhan, bertobatlah! Jangan biarkan segala sesuatu dalam dunia ini menjauhkan kita dari Yesus. Namun justru sebaliknya, apa yang kita miliki, pakailah untuk memuliakan Tuhan Yesus.
(renunganhariankristen)
WASPADALAH! BERHALA MODERN HADIR BUKAN DALAM RUPA PATUNG, TETAPI SEGALA SESUATU YANG MENGALIHKAN FOKUS UTAMA KITA KEPADA YESUS.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam kebenaran dan kekudusan Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA