the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

December 03, 2017

Bukan Hati Tidak Penting


Bacaan Alkitab: Maleakhi 3:3-12

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. Maleakhi 3:10

Tuhan mengukur hati kita dengan angka. Ya, tentu kita telah banyak belajar bahwa Tuhan mengukur hati kita dari perbuatan kita. Namun hari ini, kita akan belajar bagaimana Tuhan juga mengukur hati kita dengan angka. Suka-tidak-suka, siap-tidak-siap, Alkitab berkata bahwa Tuhan mengukur hati kita dengan ukuran tertentu.

Hukum persepuluhan adalah cara Tuhan mengukur hati kita. Kebutuhan rumah Tuhan adalah tanggung jawab seluruh umat Tuhan. Mendukung pelayanan rumah Tuhan adalah bagian dari setiap orang percaya. Perpuluhan yang Tuhan perintahkan adalah keadilan Tuhan.

Perhatikan baik-baik bahwa Tuhan tidak pernah memerintahkan satu orang tertentu yang banyak hartanya untuk mencukupi seluruh kebutuhan rumah Tuhan. Sebaliknya, Tuhan juga tidak pernah mendesak orang-orang berkekurangan untuk memaksa diri berkorban sampai mati untuk mendukung pelayanan di Bait Allah. Peraturan persembahan yang Tuhan ajarkan bisa berupa sapi, domba, kambing atau burung sesuai dengan kemampuan jemaat Tuhan (Im. 1).

Bagaimana Tuhan mengatur kecukupan bagi gereja Tuhan? Dia memerintahkan persembahan persepuluhan! Tuhan memberkati kita dan Dia meminta sepersepuluh dari segala penghasilan kita untuk rumah Tuhan. Ini sebuah perintah yang bernilai harus, bukan optional. Tuhan sangat serius dalam hal ini. Dia bahkan menyebut mereka yang tidak memberi persembahan sepersepuluh sebagai penipu, pencuri, dan perampok Tuhan.

Dia memberikan ukuran yang adil bagi semua orang dengan ukuran sepersepuluh dari segala penghasilan kita. Dengan ukuran inilah Tuhan yang mengukur hati kita. Dengan matematika ini, mereka yang menurut ukuran dunia kaya bisa jadi justru selalu memberikan yang paling sedikit. Dan mereka yang disebut miskin bisa jadi memberikan jauh lebih banyak daripada mereka yang kaya (Luk. 21:3-4).

Demikianlah dalam memberikan persembahan kepada Tuhan bukan hati tidak penting, tetapi ada ukuran tertentu yang Tuhan tuntut untuk menilai kesungguhan hati kita. Belajarlah taat untuk memberi perpuluhan dari setiap penghasilan kita karena dari sanalah sebetulnya hati kita diuji, apakah kita lebih mengasihi kekayaan atau Tuhan Yesus?
(renunganhariankristen)

UKURAN YANG TUHAN BERIKAN DALAM HAL MEMBERI PERPULUHAN ADALAH ADIL BAGI SETIAP ORANG.

Selamat beribadah bersama keluarga kepada Tuhan,
Tetaplah hidup dalam ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA