the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

December 27, 2017

Reasonable Worship


Bacaan Alkitab: Roma 12

Karena itu, mempersembahkanlah tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah; itu adalah ibadahmu yang sejati. Roma 12:1

Bahaya besar jika orang Kristen hidup dengan dua wajah, membagi hidupnya dalam dua area, yang rohani dan duniawi. Rasul Paulus memberikan gambaran yang jelas. Ia mengatakan, Persembahkanlah tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah. Ini adalah padanan yang unik, antara mempersembahkan dengan tubuh . Ini menunjukkan keseluruhan diri, bukan bagian-bagian tertentu, utuh tidak terbagi-bagi. Bukan kehidupan yang penuh sandiwara, berperan ganda. Dengan kata lain, orang yang ada di dalam Kristus harus total hidup untuk Tuhan , yaitu dengan mempersembahkan tubuhnya sebagai persembahan yang hidup, kudus, dan berkenan kepada Allah, itu adalah ibadahnya yang sejati.

Perhatikan kata sejati pada ayat tersebut. Kata ini berasal dari kata logikos, logic atau logika, yang artinya masuk akal atau reasonable. Definisinya mempersembahkan hidup kita seluruhnya, seutuhnya, total kepada Tuhan adalah reasonable worship atau ibadah yang masuk akal dan wajar. Secara negatif kalau orang percaya tidak mempersembahkan hidupnya kepada Tuhan, maka itu bukanlah ibadah yang sejati atau itu adalah sesuatu yang tidak masuk akal dan tidak wajar.

Kalau kita mengerti keselamatan yang kita peroleh adalah 100% murni tanpa usaha kita tapi karena 100% anugerah, kita pasti akan 100% memberikan hidup ini untuk Tuhan. Maka wilayah hidup kita tidak bisa dibagi lagi antara wilayah duniawi dan wilayah rohani. Tidak akan ada pemikiran bahwa kita bisa kompromi dengan dosa ketika sedang ada di luar gereja. Jangan salah! Orang di gereja pun bisa jadi duniawi saat fokus hidupnya bukan kepada Allah. Fokus hidup orang Kristen seluruhnya hanya untuk Tuhan.

Pengkhotbah asal Amerika, A.W. Tozer mengatakan Jika kita tidak dapat menyembah Allah di tengah-tengah tanggung jawab dan kesibukan kita pada hari Senin, tidak mungkin kita dapat menyembah-Nya juga pada hari Minggu. Pertanyaan refleksi yang membantu kita untuk dapat melihat, apakah kita sungguh total hidup untuk Dia? Apakah benar Tuhan Yesus itu segala-galanya atau hanya salah satu bagian dari hidup kita? Marilah kita bertanya dalam hati di dalam setiap aspek hidup kita: apa yang Tuhan Yesus kehendaki?
(renunganhariankristen)

HIDUP KITA, 100% HANYA KARENA ANUGERAH, KARENA ITU, PERSEMBAHKAN 100% HANYA UNTUK TUHAN YESUS.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA