the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

December 30, 2017

Jaminan Keamanan dan Ketenteraman

 

Bacaan Alkitab: Mazmur 37:1-40

Orang-orang benar diselamatkan oleh TUHAN; Ia adalah tempat perlindungan mereka pada waktu kesesakan; Mazmur 37:39


Bacaan kita hari ini, Mazmur 37, berisi petunjuk-petunjuk atas sikap orang percaya terhadap orang fasik (orang yang tidak percaya Tuhan). Orang percaya sering kali bertanya kepada Allah, mengapa orang fasik terlihat lebih sukses, berhasil, aman, dan tenteram. Manusia pasti mendambakan rasa aman dan tenteram, baik di masa sekarang maupun masa depan, di dunia ini maupun di balik kematian. Jaminan rasa aman dan tenteram sepertinya tidak tampak dalam kehidupan orang Kristen karena kita melakukan sesuatu yang salah. Pertanyaannya sekarang, sebetulnya bagaimana mendapatkan jaminan itu?

Pemazmur berkata jaminan tersebut diperoleh yang pertama melalui percaya kepada Tuhan (ay. 3a). Masa depan orang percaya berbeda dengan orang fasik yang tidak percaya Tuhan. Meskipun orang fasik kelihatan sukses, sehat, dan berhasil, tetapi tidak memiliki pengharapan masa depan karena kesudahannya adalah kebinasaan. Mereka lisut seperti rumput dan layu seperti tumbuhan hijau (ay. 2).

Yang kedua, jaminan diperoleh dengan menjaga relasi dengan Tuhan. Relasi dapat terpelihara dengan menjauhi kejahatan dan melakukan yang baik (ay. 27), serta menanti-nantikan Tuhan (ay. 9). Menantikan Tuhan memiliki arti berharap sepenuhnya kepada Tuhan Allah. Meskipun orang fasik sering kali berlaku curang atau jahat, orang Kristen tetap berharap kepada Tuhan. Dia sanggup menyelamatkan, menolong, dan meluputkan orang benar dari tangan orang fasik (ay. 40). Jaminan seperti ini bukanlah milik orang fasik, yang tidak memiliki relasi dengan Tuhan.

Jaminan-jaminan yang Tuhan Allah janjikan ini berlaku selama-lamanya, melintasi hidup, dan menembus kematian (ay. 27-28). Namun setelah belajar bagaimana memperoleh jaminan aman dan tenteram, kita juga belajar melakukannya dengan sikap hati yang tulus dan jujur (ay. 37). Arti tulus adalah orang yang menyukai kedamaian. Kedamaian membawa dampak positif karena di dalam kedamaian pasti ada ketenangan dan ketenteraman.

Sekarang, apakah kita mendambakan hidup yang dijamin keamanannya dan ketenteramannya? Pastikan kita mengaku percaya kepada Tuhan Yesus dan memelihara relasi intim dengan-Nya maka rasa aman dan tenteram akan menaungi kita selalu.
(renunganhariankristen)

JAMINAN KESELAMATAN YANG MEMBAWA RASA AMAN DAN TENTERAM HANYA ADA DI DALAM NAMA TUHAN YESUS.

Selamat berakhir pekan bersama keluarga,
Tetaplah hidup dalam kebenaran dan kekudusan Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA