the Voice of God

Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraan dan keamanan yang berlimpah-limpah. (Yeremia 33:6)

December 13, 2017

Dibuang Saja


Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Efesus 4:31


Bacaan Alkitab: Efesus 4:17-32

Menjelang akhir tahun, kita sering melihat iklan bertuliskan CUCI GUDANG di banyak mal. Kegiatan ini bertujuan untuk menghabiskan stok barang-barang lama di gudang dan menggantinya dengan yang baru. Para pengusaha tahu bahwa stok barang yang lama harus segera dikosongkan. Yang masih bisa dijual mereka jual murah dan kalau tidak laku mereka bagikan secara cuma-cuma. Karena apa? Karena kalau terus disimpan tidak berguna. Model sudah ketinggalan zaman dan tidak laku lagi di pasaran. Dan karena tidak berguna maka dibuang saja, itu hanya membuat sesak gudang.

Disadari atau tidak, orang Kristen pun suka menyimpan hal-hal yang tidak berguna. Apa itu? Sifat kemarahan, iri hati, kebencian. Semua itu tidak ada gunanya disimpan, bikin sesak dan buat pahit hidup kita.

Sifat benci, marah, dan iri hati adalah tiga sekawan yang lahir dari kemelekatan pada ego atau keakuan yang besar. Bila ketiganya ini dimiliki oleh seseorang maka jadilah ia seorang yang paling menderita karena ketegangan dan frustasi. Rasa benci adalah pembunuh kegembiraan dan ketenangan paling besar di dalam hati. Iri hati akan membuat orang berpusat pada memen- tingkan diri sendiri sebagai manifestasinya. Iri hati akan membawa dosa-dosa mendasar lainnya, yang menularkan kejahatan. Contoh, Kain membunuh Habel, adiknya, awalnya karena iri hati. Amarah juga kerap merugikan. Ayat 26 mengingatkan kita untuk waspada, jika kita pagi-pagi telah marah di rumah diteruskan di jalan, di kantor/sekolah sampai sore hari masih menyimpan kemarahan, ini mengakibatkan dosa. Solusinya? Menerima firman Tuhan dengan hati lemah lembut karena hanya firman-Nya yang dapat meredakan kita dari amarah, kejengkelan, dan menyingkirkan semua perkara tidak baik yang tersimpan di dalam hati.

Alkitab katakan buanglah.. semua hal buruk yang ada dalam diri dan kebiasaan kita. Kenapa harus dibuang? Karena itu tidak ada gunanya, tidak ada untungnya menyimpan semua. Semua sifat itu justru merugikan sesama juga diri sendiri. Buanglah sifat-sifat ini secara rutin, agar hati kita bersih dan isilah dengan hal-hal baru maka Tuhan Yesus akan membuat segar hidup kita.
(renunganhariankristen)

BUANGLAH SIFAT-SIFAT BURUK DALAM DIRI KITA DENGAN MEMBACA DAN MENERIMA FIRMAN TUHAN DI DALAM HATI.

Selamat beraktivitas,
Tetaplah hidup dalam ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan,
Tuhan Yesus memberkati!

0 komentar:

Post a Comment

Santapan Rohani Our Daily Bread Ministries

BACA RENUNGAN - ARTIKEL LAINNYA